RENCANA
PELAKSAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas/Semester : X/1
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : ungkapan perhatian (care)
Alokasi
Waktu : 45 Menit
Jumlah
Pertemuan : 1 Pertemuan
A. Kompetensi Inti
§
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
§
Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
§
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
§
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.1
|
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
|
3.3
|
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian
(care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.3
|
Menyusun teks lisan dan tulis
untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar
dan sesuai konteks
|
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
· Menghargai bahasa inggris sebagai pengantar komunikasi
internasional
· Memiliki perilaku santun dan peduli dalam interaksi
komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
· Mengenal ungkapan – ungkapan menunjukkan perhatian dan
responnya
· Melafalkan ungkapan – ungkapan menunjukkan perhatian
· Mempraktekkan ungkapan – ungkapan menunjunkan
perhatian
D. Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa menghargai
bahasa inggris sebagai pengantar komunikasi internasional
§
Siswa memiliki
perilaku santun dan peduli dalam interaksi interpersonal dengan guru dan teman
§
Diberikan
bebrapa ungkapan dalam bentuk video, siswa mengenal ungkapan – ungkapan menun
jukkan perhatian
§
Diberikan
beberapa ungkapan siswa melafalkan
ungkapan – ungkapan menunjukkan
§
Diberi beberapa
ungkapan menujukan perhatian, siswa mempraktekkan ungkapan – ungkapan
menunjukkan perhatian
E. Materi
Pembelajaran
Teks lisan dan tulis untuk menujukkan perhatian (care)
Fungsi sosial:
·
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
Ungkapan:
·
Ungkapan untuk
memberi perhatian dan cara meresponnya:
You look pale. Are you oke? Not, really. I’ve got a
headache.
Unsur Kebahasaan:
·
Kata terkait dengan hubungan kekeluargaan dan kekerabatan,
profesi pekerjaan, hobi.
·
Kata kerja dalam simple present tense: be, have dalam simple present tense
·
Kata tanya What? Who? Which?
·
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi
F. Metode
Pembelajaran
· Metode : Scientific
· Pendeketan : Role play
G. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Audio
CD
H.
Kegiatan Pembelajaran
PENDAHULUAN (10
menit)
|
|
Tahap
|
kegiatan
|
Kegiatan
awal
Salam
tegur sapa
|
§ Cek kehadiran siswa
§ Memotivasi siswa terhadap materi yang akan
disampaikan
§ Menyampaikan tujuan materi yang akan di bahas
|
Kegiatan
inti (70 menit)
|
|
Observing
Questioning
Experimenting
Asociating
Networking
|
§ Siswa mengobservasi gambar dengan ekspresi menunjukkan perhatian. Guru
mengajak siswa untuk review pelajaran pada pertemuan minggu sebelumnya.
§ Siswa menjodohkan gambar dengan ekspresi yang sesuai
dalam buble di kolom B.
§ Siswa menirukan guru mengucapkan expresi menunjukkan
perhatian
§ Guru menanyakan siswa tentang pekerjaan rumah yg
ditugaskan pada pertemuan sebelumnya
§ Siswa duduk berkelompok yang terdiri atas 4
siswa.siswa diminta untuk menganalisis ide dalam dialog dan juga ekspresi
yang digunakan
§ Ketua kelompok dari tiap grup pindah kekelompok lain
untuk mengkomunikasikan ekspresi dan juga ide yang ada dalm dialog (hasil
diskusi pada kelompok )
§ Ketua klompok kembali pada kelompoknya masing –
masing, kemudian perform dialog di depan kelas.
|
Penutup (10 menit)
|
|
Kegiatan
penutup
|
§ Guru memberikan kesimpulan tentang hasil
pembelajaran hari ini
§ Guru meminta salah satu siswa untuk menyampaikan
pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang dilakukan
§ Guru memberikan penugasan terstruktur individu
kepada siswa dengan mengerjakan latihan
soal tentang ungkapan perhatian
§ Guru memberikan kegiatan mandiri tidak terstruktur
kepada siswa untuk membuat rekaman film tentang ungkapan – ungkapan perhatian
di luar kelas secara berpasangan atau berkelompok (maksimal 4 orang)
§ Guru menyampaikan rencna kegiatan pertemuan
berikutnya kepada para siswa
|
I.
PENILAIAN
kriteria penilaian
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur
teks menunjukkan perhatian
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata
bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/
penyampaian
RUBRIK
PENILAIAN “SPEAKING”
Kelas : _____
Tema :
___________
No
|
Nama
|
Aspek
Penilaian
|
Jml
|
Skor
|
|||
Grammar dan
Vocabulary
|
Managemen
Wacana
|
Ucapan
dan Intonasi
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
= amat baik
3
= baik
2
= cukup
1
= kurang
0
= amat kurang
Pedoman
Penilaian
Aspek
penilaian Speaking
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Grammar dan
Vocabulary ( leksikogramatical)
· Tata
bahasa yang benar dan tepat
· Tat
bahasa yang terkadang kurang tepat
· Tata
bahasa yang kurang tepat dan mempengaruhi fakta
· Tata
bahasa yang sulit dan tidak mengerti
· Sulit
memproduksi kata-kata dan diam
|
4
3
2
1
0
|
2
|
Managemen
Wacana
· Melakukan
dan merespon tindak tutur dengan tepat ( logis) dalam bahasa alisan
· Melakukan
dan merespon tindak tutur meskipun sekali salah faham bahasa
· Sering
salah memahami dan merespon tindak tutur sederhana
· Tidak
mampu memahami dan merespon tindak tutur sederhana
· Hanya
memproduksi kata – kata yang tidak memperoleh teks
|
4
3
2
1
0
|
3
|
Ucapan
dan Intonasi
· Ucapan
dan intonasi sangat jelas dan mendekati penutur asli
· Ucapan
dan intonasi jelas meskipun terdapat aksen unsure bahasa pertama
· Ucapan
dan intonasi kurang jelas dan mempengaruhi makna
· Ucapan
dan intonasi tidak jelas dan mennyulitkan pemahaman
· Ucapan
dan intonasi tidak mampu mengungkapkan makna
|
4
3
2
1
0
|
|
Nilai :
Jumlah Skor
16
CARA PENELITIAN:
Penilaian
Informal
test : Ketika tanya jawab
Formal
Test : ketika siswa mengerjakan Worksheeet based
on audio served
Aspek
yang dinilai : understanding, content
Kinerja
(praktik)
· Bermain peran (role play) dalam bentuk interaksi yang berisi pernyataan dan
pertanyaan untuk menunjukkan perhatian
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan
struktur dan unsur kebahasaan dalam
menyampaikan ungkapan untuk menunjukkan perhatian
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian formal seperti tes,
tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
· Upaya menggunakan bahasa Inggris
untuk menunjukkan perhatian (care) ketika muncul kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran di setiap tahapan.
· Kesantunan dan kepedulian dalam
melaksanakan Komunikasi
Pedoman Observasi Sikap Santun
Petunjuk :
·
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kesantunan.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap santun yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Melakukan tegur sapa dengan
santun
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima kepedulian orang
lain
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan bahasa santun saat
menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
4
|
Menggunakan bahasa santun saat
mengkritik pendapat teman
|
|
|
|
|
5
|
Bersikap 3S (salam,
senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Pedoman
Observasi Sikap spiritual
Petunjuk :
·
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta
didik dalam spiritual.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap santun yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek pengamatan
|
skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan
pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap
Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu
pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
|
Learning journal
My
Learning Journal
Name:
_________________
|
A
summary of what I have covered:
|
Things
I am still not sure of:
|
What
do I need to do to overcome these uncertainties?
|
Things
I have learned successful today:
|
0 komentar:
Posting Komentar